Lost In Hotel Grand Preanger :D

24 Apr 2010

Saya sering ke Bandung untuk urusan pekerjaan, dan Minggu kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung dan jalan-jalan ke Hotel Grand Preanger. Kebetulan banget, soalnya saya belum pernah ke Hotel ini, jadi saya bisa membandingkan antara hotel yang pernah saya tiduri inap dengan Hotel Grand Preanger ini.

Mencari lokasi Hotel Grand Preanger ini mudah banget, karena posisinya di tengah-tengah kota yaitu di Jl. Asia Afrika. Yang namanya orang Bandung pasti tau ini jalan. Perjalanan ke hotel ini kita bisa ‘cuci mata’ karena melewati daerah yang bisa dibilang unik, seperti Dago, Jl. Braga, lalu di kawasan Jl. Asia Afrika itu sendiri.

Ketika masuk Hotel Grand Preanger, kita langsung disuguhi keeksotisan budaya Indonesia tepatnya Budaya Sunda dengan tata ruang dan beragam macam benda yang membuat nuansa asli budaya kita hadir di dalam hotel itu. Oh iya bagi yang belum tau, Hotel Grand Preanger itu adalah hotel bintang lima, jadi bisa dibayangin tingkat pelayanan dan juga fasilitas yang disediakan.

Ngomongin soal fasilitas, hotel ini terdiri dari 9 lantai, salah satu bangunannya masih dipertahankan bentuk aslinya. Nah jadi begini sejarahnya Hotel Grand Preanger, dulu pada tahun 1897 seorang warga belanda yang bernama W.H.C Van Deeterkom mengambil alih sebuah toko yang bangkrut di daerah Groote Postweg (yang sekarang adalah Jl. Asia Afrika) dan kemudian merenovasinya menjadi hotel dan memberi nama hotel tersebut Hotel Preanger.


Hotel Grand Preanger zaman dulu

Selama lebih dari seperempat abad, Hotel Preanger telah menjadi simbol dan kebanggaan orang belanda di Bandung. Nah pada tahun 1929, hotel tersebut didekorasi ulang oleh seorang arsitek Belanda yang terkenal yaitu C.P. Wolff Schoemaker dengan asisten yaitu Ir. Soekarno yang tidak lain tidak bukan Bapak Proklamator kita. :mrgreen: Terus hotel ini terkenal banget sampe ke luar negeri dan jadi ‘landmark-nya’ kota Bandung. Sejak tahun 1987, Hotel Grand Preanger ini dikelola oleh PT Aerowisata yang merupakan grup dari Garuda Indonesia.


Para pengunjung Hotel Grand Preanger zaman dulu

Oke itu sekilas tentang sejarahnya. Bagaimana dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarin sama Hotel Grand Preanger?

Jadi kemarin saya sempet diajak tur hotel Grand Preanger gitu dan ini nih hasil dari tur hotelnya, yuk kita liat sama-sama.

Ini adalah lorong di depan kamar di gedung yang bentuk aslinya masih dipertahankan, bisa dilihat dari langit-langitnya ya.. dan juga di situ ada saya lho.. gimana? cakep kan? Maksud cakepnya itu arsitekturnya, walaupun udah tua tapi eksotis..

Nah ini di tangga menuju gedung yang lama itu, di belakang ada lukisan, di Hotel ini di setiap kamarnya ada lukisan yang menggambarkan kehidupan masyarakat Priangan, dan di foto itu ada saya juga..

Di Hotel Preanger ternyata untuk ke lantai 5 ke atas itu harus menggunakan kunci kamar, artinya jika kita gak punya kunci kamar, kita gak bisa ke lantai 5 ke atas tersebut, jadi lebih aman dan privasi juga lebih terjaga. Saya baru tahu sistem seperti ini. Keren :mrgreen:

Nah sekarang kita masuk ke kamar di Hotel Grand Preanger. Ada berbagai jenis kamar di hotel ini, dari mulai Superior Room, Deluxe Room, Executive Room, sampe Presidential Suite Room. Yang paling seneng itu saat masuk ke lantai 9 yaitu Presidential Suite Room, dimana kamarnya GUEDE BANGET!! Saya aja sampe kesasar di dalam kamar itu sendiri.

Jadi di Presidential Suite Room itu ada banyak kamar, pokoknya berasa masuk ke apartemen pribadi deh. Paling oke banget itu ada Jacuzzi-nya WOW!! Keren deh di luar gitu dan pemandanganya juga mantep banget.

Gimana, ajib banget kan? nah itu di belakang bukan wallpaper atau editan ya, TAPI ASLI pemandangan Gunung! Bener-bener keren abis deh..

Nah itu foto biar gak hoax kalo saya udah ke Presidential Suite Room yang ada Jacuzzi-nya :cool:

Ini pemandangan di sekitar hotel Grand Preanger, bisa dilihat dari ketinggian lantai 9, ada pemandangan pegunungan dan juga view kota bandung, dan itu masjid Agung kota Bandung.

Oh iya selain kamar, fasilitas yang disediain oleh Hotel Grand Preanger itu masih banyak, kaya Fitness Center, Spa, Kolam Renang, Pub, Restaurant, Meeting Room, dan masih banyak lagi.

Ada yang unik nih di dekat taman bermain dan kolam renang, yaitu Giant Chess atau Catur Raksasa, main ini pasti benar-benar olah raga, baik otak maupun otot :lol:

Hotel Grand Preanger ternyata pernah mendapatkan penghargaan dari Dinas Pariwisata Kota Bandung sebagai Hotel Bintang Lima terbaik, ya menurut saya sih wajar lah, setelah tur ini terjawab mengapa bisa sampe terpilih.

Yaudah yuk, mampir-mampir ke Hotel ini, saya juga pengen lagi ke sana, ya semoga kali ini bisa nginep, gak hanya tur, bagi yang masih penasaran sama Hotel Grand Preanger bisa langsung ke Website resminya di sini :mrgreen:

Oh iya gak lupa terima kasih buat Hotel Grand Preanger yang udah ngasih tur hotelnya dan juga Detik Bandung yang udah ajak-ajak kita jalan-jalan dan juga temen-temen dari Rumah Blogger lainnya :mrgreen:


TAGS bandung hotel grand preanger


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post